UN, Absensi Siswa Capai 99 Persen Lebih

311 views

SUMBER –Di hari terakhir Ujian Nasional (UN), 6 siswa SMA dan 9 siswa MA absen.
Berdasarkan data Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Cirebon, dari 5.531 siswa SMA negeri dan swasta yang mengikuti UN, 6 diantaranya tidak hadir. Sedangkan untuk 3.017 siswa MA negeri dan swasta, 9 diantaranya tidak hadir. Jika dipersentase, tingkat kehadiran hari pertama mencapai 99,72 persen, hari kedua, 99,73 persen, hari ketiga 99,70 persen dan hari keempat 99,82 persen.
Kepala Bidang Pendidikan Menengah Disdik, Dra Hj Dewi Nurhulela menyatakan, Lembar Jawaban UN (LJUN) setiap harinya dikirimkan ke Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung yang menjadi tempat pemindaian LJUN. Menurutnya, Disdik sudah selesai melaksanakan kewajibannya.
Setelah dikirimkan, lanjut Dewi, perguruan tinggi dan Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat akan memeriksa kesesuaian jumlah amplop yang berisi Lembar Jawaban UN (LJUN) dari sekolah-sekolah yang ada di Kabupaten Cirebon. “Dilihat pula jumlah ruangan dari setiap satuan pendidikan penyelenggara UN yang ada di Kabupaten Cirebon,” terangnya
didampingi Kepala Seksi Kurikulum, Drs Mustopa, Kamis (19/4).
Proses tersebut, akan dilakukan dari tanggal 16-19 April. Selanjutnya, UPI akan memindai LJUN SMA MA SMK dan kemudian mengirimkan hasilnya ke penyelenggara UN tingakt pusat.
Pengumuman kelulusan peserta UN, akan dilaksanakan secara berbarengan pada tanggal 26 Mei nanti. “Nanti yang mengumumkan kepala sekolah masing-masing,” ungkapnya. Pelaksanaan UN kali ini, papar Dewi, berjalan lancar dan tertib. Hingga hari terakhir UN, pihaknya tidak pernah menerima aduan maupun kejadian lainnya yang merusak jalannya UN. “Tidak ada pencontekan juga. Semua aman,” ucapnya. (ysf)

View the original article here

Tags: #Absensi #Siswa