Ukuran Lensa Kamera CCTV dan Kaitannya Terhadap Area Pantau

807 views

Saat merencanakan implementasi kamera CCTV, tentu awalnya anda harus menentukan seberapa lebar pandang dan seberapa jauh jarak yang ingin dipantau, baik untuk keperluan Recording maupun hanya Monitoring.

Sebisa mungkin tentukan objek atau area yang menjadi prioritas, karena lensa pada kamera CCTV sama dengan lensa lain secara umum, dimana tiap ukuran lensa memiliki karakteristik tertentu dengan kelebihan dan kekurangannya.

Ukuran Lensa Kamera CCTV Cirebon dan Kaitannya Terhadap Area Pantau

Berikut ini kami jelaskan mengenai ukuran lensa kamera CCTV dan kaitannya terhadap area pantau (Field of View).

Untuk memilih lensa yang tepat anda harus memahami hubungan antara ukuran lensa dan area yang akan ditangkap.

Prinsipnya sama seperti mata, ketika ingin melihat lebih lebar, anda akan mundur dan mendapatkan pandangan lebih banyak.

Lalu ketika ingin melihat satu objek lebih detail, maka anda berjalan maju dengan konsekuensi pandangan menjadi lebih sempit.

Pada lensa, semakin kecil ukuran lensa, area yang tampil akan semakin lebar.

Sebagai contoh, lensa 3.6mm menangkap lebar 29 kaki pada jarak 30 kaki dari kamera. Lensa 6mm menangkap lebar lebih kecil, yakni 18 kaki pada jarak 30 kaki dari kamera.

Dalam hal ini artinya lensa 6mm memberikan pandangan sebuah benda lebih fokus, lebih detail dimana objek terlihat lebih besar.

Dengan kata lain, ukuran lensa yang lebih besar akan menampilkan lebih detail dan lebih besar suatu objek yang ada pada jarak yang sama, namun di sisi lain akan kehilangan objek lain yang ada di pinggir, yang dapat ditampilkan lensa ukuran kecil.

Ini membuat lensa 6mm pilihan yang tepat jika tujuan anda adalah untuk melihat lebih jelas objek yang berjarak 30 kaki dari kamera.

Namun, lensa 3.6mm akan menampilkan obyek yang ada di 10 kaki pertama, karena lensa akan memberikan lebar pandang yang lebih luas. Silakan lihat grafik untuk perbandingan.

Maka dua faktor inilah yang perlu anda ketahui untuk memilih lensa kamera cctv yang tepat, yakni jarak objek dari kamera cctv, dan lebar pandang yang dapat ditangkap lensa kamera cctv tersebut.

Baca Selengkapnya Hanya di ..

Tags: #cctv #cctv cirebon #cirebon #cirebon cctv