Tips Mencegah Laptop Terkena Virus

196 views

ISP-Majalengka-Tips-Tips-Mencegah-Laptop-Terkena-Virus-573x315

Salah satu hal yang tidak diharapkan oleh para pengguna gadget, seperti laptop, adalah serangan virus. Sebab hal tersebut bisa berdampak buruk ke perangkat yang sedang digunakan.

Seperti dipaparkan laman Make Us of, Selasa (24/1/2017), berikut ini tips yang bisa dilakukan untuk mencegah laptop dari ancaman virus.

Perintah Download Palsu

Hal ini biasanya terjadi pada situs-situs download. Apakah situs tersebut resmi atau tidak? Jika terdapat perintah men-download untuk mengeklik, ada baiknya dihindari.

Gunakan Browser yang Aman

Ada beberapa aplikasi yang memang cukup bagus, hal ini tentu memiliki risiko tersendiri. Ada baiknya terus meng-update aplikasi yang dimiliki secara rutin guna meningkatkan keamanan.

Hindari Agen Support

Di beberapa negara, seperti Inggris dan Amerika Serikat, terdapat telefon palsu yang mengeluh mengenai sejumlah aplikasi. Tapi ingatlah bahwa pihak pemilih aplikasi tersebut tidak akan menghubungi Anda.

Abaikan Modus Keamanan

Kerap kali terdapat iklan yang berada di bawah layar dan berfungsi untuk memperbaiki sistem Anda. Dalam hal ini, Anda harus menghindarinya.

Hindari Situs Torrent

Mungkin ini tidak realistis, namun faktanya ada dua tipe situs torren yakni public dan private. Keduanya bisa diakses melalui browser, namun biasanya ada juga yang mengharuskan Anda untuk membuat akun

Hapus Media Palsu

Media dari situs torrent biasaya menampilkan sejumlah media untuk mengunduh palsu, dan Anda pun harus menghindariya.

Jangan Membuka Lampiran E-Mail

E-mail menjadi salah satu penyumbang virus. Saat ada mendapatkan kiriman lampiran forward e-mail, ada baiknya untuk tidak membuka.

Download dari Aplikasi

Jika Anda ingin men-dowload sesuatu, pastikan telah menggunakan aplikasi dari developer, sehingga laptop aman dari virus.

Jangan Gunakan Akun PC

Apa pun sistem operasi yang digunakan, pastikan tidak login pada akun administrasi.

Scan Semua File

Saat hendak memasukkan flasdisk ke laptop, lebih baik scan terlebih dahulu. Itu guna mengindari virus masuk ke laptop yang digunakan.

(mentari.net.id)

Tags: #laptop #virus