Tips Memanfaatkan Google di Bulan Ramadan Ini

454 views

Tips Memanfaatkan Google di Bulan Ramadan Ini

Menurut data dari Google Trends (google.com/trends), sejak awal bulan Ramadan menunjukkan aktifnya netizen Indonesia dalam menelusuri informasi di Internet terkait rutinitas yang mengisi minggu pertama dan kedua puasa, seperti penelusuran “menu sahur praktis”, “tips wisata saat puasa”, hingga “playlist video untuk ngabuburit”.

Google Trends seperti ini memang kerap terjadi selama bulan Ramadan, di mana netizen Indonesia mengandalkan teknologi untuk menjalani aktivitas keseharian seperti menemukan resep sahur dan berbuka, mencari masjid terdekat, hingga merencanakan mode transportasi terbaik untuk mudik.

Tapi tahukah kalian bahwa perkembangan teknologi terkini dari Google ada banyak yang bisa dimanfaatkan netizen Indonesia selama menjalani bulan Ramadan.

  1. Gunakan suara, saat kedua tangan Anda penuh. Teknologi penelusuran suara (voice search) di Google App sudah dikembangkan untuk mengerti aksen dan bahasa tidak baku. Layaknya asisten, Google App bisa membantu Anda melakukan hal-hal kecil . Anda bisa mengandalkan Google App untuk menemukan masjid dekat Anda, mencari resep, bahkan membuka aplikasi. Coba katakan: Ok Google
    • a. “Masjid dekat sini”
    • b. “Resep Es Buah?”
    • c. “Buka aplikasi GO-JEK”
  2. Aktivasikan fitur Google Now. Now Cards (atau Kartu Now, jika setting Anda dalam Bahasa Indonesia) akan benar-benar mengubah smartphone.da menjadi asisten personal. Google App akan memberikan “now-tifications” berbentuk kartu yang akan muncul di dalam aplikasi sesuai preferensi Anda. Misalnya Anda ingin mendapat kartu now mengenai janji berbuka puasa dengan kerabat, maka pastikan kalendar Anda terintegrasi. Kartu Now juga akan memberi rekomendasi kapan Anda harus berangkat menuju tempat tersebut, lengkap dengan keterangan kalau ada kemacetan di rute yang akan Anda lalui (berkat integrasinya dengan Google Maps). Praktis kan?
  3. Apakah Anda ingin mengukur waktu tempuh dengan memasukkan beberapa tempat sekaligus? Baru-baru ini Google Maps meluncurkan fitur baru di mana Anda bisa memasukkan beberapa tempat sekaligus dalam satu kali navigasi. Misalnya Anda tengah menyetir ke poin A dan Anda kehabisan bensin saat perjalanan mudik dan harus mencari pom bensin. Anda hanya perlu mengklik ikon kaca pembesar, kemudian memilih opsi pom bensin. Secara otomatis Google Maps akan melakukan ‘detour’ dan memberitahu Anda berapa lama waktu tempuh yang diperlukan untuk menuju poin A.
  4. Aplikasi YouTube di ponsel dan tablet dilengkapi fitur “Offline”yang memungkinkan Anda untuk menyimpan video-video favorit saat terhubung dengan Wi-Fi. Setelah disimpan secara Offline, video bisa dinikmati tanpa koneksi Internet selama 48 jam, pas untuk Anda yang akan melakukan perjalanan panjang dan butuh hiburan selama di jalan.

chip.co.id

BACA JUGA:

Tags: #google