Terekam CCTV, Brankas Kantor Disdik Cirebon Dijebol Maling

268 views

Kantor Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Cirebon disatroni maling, uang puluhan juta rupiah yang berada di dalam brankas raib digondol pencuri, Senin (23/1) malam. Sejumlah pintu dan jendela di kantor tersebut dijebol para pelaku yang diduga lebih dari satu orang ini terekam CCTV yang terpasang di sejumlah ruangan.

Para pencuri ini diperkirakan masuk di saat penjaga malam lengah. Kejadian tersebut diketahui pagi hari saat pegawai hendak membuka kantor. Berdasarkan informasi yang berhasil dihimpun, pegawai yang belakangan diketahui bernama Ono Erawan ini mengetahui adanya kejanggalan pada kondisi pintu sekitar pukul 05.15 WIB saat ingin mematikan lampu dan membuka pintu kantor tersebut.
Ono sendiri berkerja sebagi office boy (OB) yang bertugas juga untuk membuka kunci kantor setiap paginya. Melihat kejanggalan tersebut, Ono langsung melaporkan kepada petugas jaga malam yang masih berada di sekitar kantor.

“Saya sudah sampai kantor sekitar jam setengah enam kurang dan menemukan kunci pintu di dalam rusak kemudian saya lapor penjaga malam dan langsung memeriksa ke ruangan sekitar,” ujar Eno kepada sejumlah wartawan, Senin (23/1).

CCTV-Cirebon-Terekam-CCTV-Kantor-Disdik-Kemalingan

Menurutnya, ia beserta pegawai lainnya yang sudah datang langsung menuju ke ruangan atas dimana merupakan ruang bendahara. Benar saja, saat dirinya masuk, terlihat kondisi ruangan sudah dalam keadaan berantakan dan hampir semua pintu rusak.

“Kondisinya acak-acakan dan brankas sudah terbuka. Akhirnya pegawai lainnya melaporkan kejadian ini ke Pak Kadis. Sekitar jam 06.00 WIB, Pak Kadis datang dan tidak lama petugas kepolisian datang juga,” jelas Eno.

Saat mendatangi tempat kejadian perkara (TKP) terlihat jendela dan teralisnya di gedung kepala dinas berkantor ini jebol. Kuat dugaan, titik inilah yang dijadikan oleh pencuri sebagai akses masuk dan keluar.

Bukan hanya itu saja, adanya dugaan pelaku merupakan orang dalam disdik mengingat tempat yang dirusak adalah ruangan bendahara tanpa merusak ruangan lainnya.

Kepada sejumlah wartawan, Kadisdik Kabupaten Cirebon, H Asdullah  membenarkan adanya kejadian pencurian di kantornya. Menurutnya, pelaku mulai memasuki kantor disdik sekitar pukul 03.00 WIB dinihari.

“Dari rekaman CCTV sendiri, tercatat pencuri itu mulai beraksipada 03.18 WIB dan selesai melakukan aksinya 03.58 WIB. Mereka keluar masuk melalui jendela. Pencuri itu, memang langsung menyasar ruang bendahara yang terdapat brankas dan langsung merusak brankas yang diduga dengan menggunakan alat berupa linggis,” ujar Asdulah.

Dikatakannya, para pelaku menjebol pintu yang menuju ruangan bendahara, sedangkan pintu ruangan lainnya tidak dirusak. Kadisdik menduga, para pelaku ini ada orang yang telah mengetahui seluk beluk ruangan yang menyimpan uang.

“Kalau computer dan alat lainnya  tidak ada yang diambil, yang diambil uang yang ada di brangkas saja. Saya saja baru tahu kalau disitu ada brankas tetapi ko maling tahu ya,” ujarnya.

Ditanyakan mengenai jumlah uang yang diambil oleh pelaku, Kadisdik mengatakan penghitungan awal uang dalam brankas kurang lebih sebanyak Rp50 juta. Hanya saja, jumlah tersebut akan kembalidi hitung ulang. “Laporan sementara, uang yang di brangkas itu ada Dana Kematian Pegawai, dana non sertifikasi, cek, dan dana PMI yang belum disetorkan,” tambahnya.

Dalam kesempatan ini juga, Asdullah mengaku akan mencari cara untuk bisa mengembalikan uang yang raib digondol maling itu. Meskipun, Asdullah juga masih berharap uang tersebut dapat kembali saat tertangkapnya para pelaku.

Ini memang resiko saya sebagai pimpinan. Nanti kita akan pikirkan lagi bagaimana cara mengembalikan uang itu. Sembari, kita juga berharap si pelakunya bisa segera tertangkap dan mengembalikan uang yang telah mereka ambil,” tandasnya.

Sementara itu Kapolres Cirebon AKBP Risto Samodra melalui Kapolsek Sumber AKP Sobirin membenarkan kejadian tersebut. Sobirin menegaskan, kasus ini masih didalami oleh pihaknya dengan mengumpulkan keterangan saksi dan barang bukti yang ada di lokasi yaitu rekaman cctv.

“Benar kejadian pencurian tersebut terjadi di kantor Disdik. Tetapi, saya belum bisa berkomentar banyak karena kasus ini masih dalam pengembangan. Kalau sudah ada hasilnya, kita akan buka kerekan media semuanya,” tandas Sobirin.

(zonacctv.com)

Tags: #cc #cctv #cctv cirebon #cirebon #cirebon cctv