10 Ribu Telepon Umun Disulap Jadi Hotspot Wifi

221 views
hotspot wifi
Tak sampai disitu, hotspot wifi ini digadang memiliki kecepatan gigabyte.

Anda yang hidup di era tahun 90-an mungkin masih ingat dengan kejayaan kios telepon umum berwarna biru. Seiring booming telepon genggam, si kotak biru ini mulai dicampakkan.

Puluhan ribu mungkin ratusan ribu kios telepon umum koin kini menjadi onggokan yang rusak dimakan cuaca.

Warga New York, Amerika Serikat bahkan kini sudah bersiap mengucapkan selamat tinggal pada kios-kios telepon umum di pinggir jalan. Namun perpisahan ini hanya sementara, ide baru keluar menggantikan kios-kios itu.

Lewat program LinkNYC, sejumlah kios telepon umum berbayar disulap menjadi stasiun Wifi berkecepatan gigabyte. Perangkat gratis ini siap melayani masyarakat 24 jam sehari dan 7 hari dalam sepekan.

Stasiun Wifi ini juga menyediakan akses telepon lokal termasuk nomor telepon darurat.

Tak cukup disitu. LinkNYC menyediakan tempat pengisian batere (charging) handphone, serta layar sentuh yang berisi berbagai informasi layanan kota, arah, dan lainnya.

Meski memberikan layanan gratis, LinkNYC optimistis produknya bisa bisa menguntungkan. Alasannya, LinkNYC menyediakan tempat beriklan di setiap stasiun yang dibangunnya.

Untuk diketahui, lokasi telepon umum yang berganti muka menjadi stasiun Wifi ini biasanya ditempatkan di lokasi strategis. Tak hanya ini, LinkNYC juga menyediakan ruang khusus dari bangunan berbentuk persegi panjang besar yang dibuatnya.

LinkNYC memperkirakan proyek barunya ini mampu menghasilkan pendapatan hingga US$ 500 juta dalam 12 bulan pertama.

Rencananya, bangunan LinkNYC akan mulai beroperasi pada pertengahan tahun depan dengan target 10 ribu unit.

( umawifi.com )

Tags: #cirebon #umawifi #wireless