Spesifikasi Teknologi Terbaru Dari Bluetooth 5

223 views

Sejak awal, Bluetooth 5 diprediksi akan mempunyai kecepatan yang lebih kencang dan jangkauan yang lebih luas. Namun kini terungkap seberapa besar peningkatan kecepatan dan jangkauan pada teknologi nirkabel itu.

isp-kuningan-mentari-teknologi-bluetooth-5

Spesifikasi ini dirilis oleh Bluetooth Special Interest Group (SIG) yang merupakan adalah tim di balik pengembangan Bluetooth. Perusahaan ini dikabarkan telah menyelesaikan spesifikasi  dari Bluetooth 5 dan dalam waktu dekat akan memperkenalkan  Bluetooth 5  untuk dimanfaatkan oleh pembuat perangkat pintar di seluruh dunia.

Tentunya perangkat ini memiliki kelebihan dibandingkan seri sebelumnya. SIG mengatakan, Bluetooth 5 hadir dengan bandwidth 2 kali lipat lebih tinggi, jangkauan 4 kali lipat lebih besar, dan 8 kali lebih besar kapasitas pesan siaran jika dibandingkan dengan pendahulunya yakni Bluetooth 4.2.

Selain itu, modul standardisasi Bluetooth anyar ini juga menawarkan koneksi yang lebih stabil, tenaga yang lebih besar dan keamanan lebih tinggi.

Untuk spesifikasi kecepatannya akan memiliki kecepatan maksimum sekarang 2Mbps, naik dari 1Mbps. Bandwidth tersebut akan turun jika digunakan untuk jangkauan yang lebih jauh sambil mempertahankan kebutuhan daya yang rendah.

Bluetooth 5 mendukung paket besar data dibandingkan pendahulunya, bekerja dengan paket 255-oktet, bukan yang 31-oktet. Ini berarti lebih efisien penggunaan band 2.4GHz, dengan waktu pairing  dan transfer yang sangat cepat.

Bagi perusahaan pembuat ponsel dapat menggunakan Bluetooth 5 untuk  mendeteksi gangguan pada bandwith dan secara otomatis mencegah terjadinya gangguan yang akan terjadi. Seperti yang Anda harapkan, Bluetooth 5 kompatibel dengan pendahulunya.

Peningkatakan kemampuan Bluetooth 5 berfokus pada meningkatkan fungsi Internet of Things (IoT).

Dalam keterangan persnya itu, Bluetooth SIG juga menyebut dua dari tiga konsumen lebih menyukai perangkat yang mempunyai teknologi Bluetooth. Pada 2020, diperkirakan akan ada 13,9 juta perangkat, dan satu dari tiga perangkat itu diprediksi mempunyai koneksi Bluetooth.

(sumber)

Tags: #bluetooth #nirkabel #teknologi