Sistem Wi-Fi Baru Yang Mampu Transfer Data 3 Kali Lebih Cepat

198 views

wi-fi megamimo

Sebuah sistem baru kabarnya telah di buat untuk mentransfer data nirkabel lebih dari tiga kali kecepatan Wi-Fi yang kita gunakan saat ini. Sistem baru ini dinamakan sebagai MegaMIMO 2.0 yang mana dikembangkan oleh tim dari MIT Ilmu Komputer dan Artificial Intelligence Lab (CSAIL) yang mampu melaksanakan router Wi-Fi dalam satu hari.

Kelebihan yang akan diusung oleh MegaMIMO 2,0 adalah sistem baru ini dapat mengakses internet secara intens pada tempat-tempat tertentu seperti pusat olahraga, pusat konvensi, atau bandara di mana ratusan atau bahkan ribuan orang bisa mencoba untuk terhubung ke internet dengan sinyal yang lebih cepat.

Lantas bagaimana ya kira-kira untuk meningkatkan jaringan internet yang lebih cepat menggunakan MegaMIMO 2,0? Sistem ini bekerja dengan menambahkan titik akses nirkabel lebih dalam bentuk beberapa router untuk pengguna Wi – Fi lalu menghubungkannya dengan perangkat kalian. Sistem koordinat dalam beberapa jalur akses pada saat yang sama dengan masing-masing mentransfer data pada frekuensi yang sama tapi tanpa menciptakan gangguan.

Seperti yang dilansir dari Sciencealert, Rabu (24/08/2016) MegaMIMO 2.0 dibangun berdasarkan teknologi yang digunakan hampir sama pada semua perangkat nirkabel saat ini yang disebut multiple input multiple -output ( MIMO ) yang mana MIMO memungkinkan perangkat seperti smartphone menerima beberapa sinyal dari beberapa pemancar. Sehingga satu-satunya cara untuk meningkatkan kapasitas nirkabel untuk menambahkan akses menjadi lebih cepat.

Untuk menguji sistem baru ini, para peneliti menyiapkan ruang konferensi dengan menggunakan empat laptop yang dikelilingi Vacuums Roomba. Mereka menemukan bahwa MegaMIMO 2.0 mampu mentransfer data 330 persen jika dibandingkan dengan Wi – Fi konvensional. Berarti dengan adanya MIMO sobat dapat mengakses jauh lebih efektif dan efisien tentunya.

(sumber)