SEO Basic: Memahami Cara Kerja Search Engine

231 views

Memahami cara kerja search engine adalah hal utama yang harus anda ketahui sebelum melakukan SEO. Dengan mengetahui bagaimana cara kerja sebuah mesin pencari, maka anda dapat mempelajari bagaimana cara untuk mengakali mesin pencari tersebut agar website anda masuk ke halaman pertama di hasil pencariannya.

Cara Kerja Search Engine

Tugas utama Search Engine adalah menampilkan hasil pencarian yang paling relevan dengan query atau keyword yang dicari oleh user. Nah, untuk mendapatkan hasil yang diinginkan si user, maka hasil pencarian tentu harus relevan dengan keyword yang dicari user tersebut. Tantangannya adalah, bagaimana si Search Engine tersebut bisa menilai “relevansi”? Bagaimana search engine yang notabene hanyalah sebuah “mesin” bisa menentukan “relevansi” yang sifatnya subyektif?

Bayangkan, dari sekian banyak website di dunia yang isinya tentang “sepatu”, bagaimana si mesin ini bisa menentukan website yang satu lebih relevan dibanding website yang lain, sehingga yang satu tersebut kemudian masuk ke halaman pertama sementara website yang lain justru masuk di halaman kedua?

SEO Basic - Cara Kerja Search Engine - denucup blog

Teknik Revelansi Mesin Pencari Google

Dalam menentukan relevansi ini, Search Engine (dalam hal ini Google) pertama-tama akan mengumpulkan dahulu (crawling) website-website yang jumlahnya ada milyaran menggunakan engine milik Google sendiri yang kemudian disebut spider. Setelah itu, website-website tersebut akan dikategorikan dan disusun berdasarkan kontennya (indexing).

Dari milyaran website yang telah terindex tersebut, Google kemudian menggunakan algoritma (suatu kalkulasi matematika yang sangat rumit) untuk menilai website yang mana yang paling relevan dibandingkan website lainnya untuk suatu keyword tertentu yang dicari user melalui mesin pencari. Dalam menentukan relavansi tersebut, Google menggunakan sekitar 200 lebih komponen parameter yang diperhitungan dalam proses seo, yang kalau dirangkum menjadi 3 kategori utama, yaitu:

  • Link : Berapa banyak link yang mengarah ke website Anda? Seberapa relevan link tersebut?
  • Konten : Apakah website Anda memiliki konten yang relevan dengan query yang dicari? Apakah kontennya banyak atau sedikit? Apakah kontennya adalah duplikat semua?
  • Struktur Web : Apakah struktur website Anda mudah di-crawl oleh Google? Apakah struktur website Anda sudah dipilah-pilah berdasarkan kategori yang paling sesuai? Apakah banyak link mati di website Anda?

Maka, hal pertama yang harus dilakukan dalam proses SEO nantinya adalah bagaimana anda membenahi 3 paramater ini sehingga nantinya Google melihat nilai website anda lebih tinggi daripada website lainnya. Selain itu masih banyak sekali parameter lainnya yang harus anda perhatikan.

*Lebih detail cara kerja Search Engine (dalam hal ini Google) bisa Anda lihat disini

(klikseo)

Tags: #seo #seo cirebon