Perbedaan Antara SEO dan SEM

244 views
SEO vs SEM: Perbedaan Antara Pencarian Organik dan Berbayar

Perbedaan Antara SEO dan SEM denucup blog

Mereka yang baru mengenal digital marketing seringkali dibuat keliru dengan istilah SEO dan SEM karena sekilas memang terdengar mirip. Sama-sama dipakai untuk meningkatkan brand awareness dan trafik secara online. Tetapi, sebenarnya terdapat perbedaan di antara kedua metode ini yang perlu Anda perhatikan.

Apa itu Search Engine Optimization (SEO)?

Sebenarnya secara esensial, Search Engine Optimization termasuk ke dalam bagian Search Engine Marketing. SEO di sini berperan untuk menaikkan peringkat sebuah website di halaman mesin pencari melalui pencarian organik; yaitu dengan memanfaatkan penggunaan kata kunci di dalam website Anda.

Ada dua komponen utama dari SEO:

1. On-page Optimization

On-page SEO (atau on-site SEO) adalah semua pengaturan yang Anda aplikasikan langsung pada situs atau blog Anda agar lebih ramah mesin pencari. Contoh penerapannya seperti penggunaan kata kunci pilihan ke dalam tag dan meta description, format URL yang baik, penggunaan yang tepat dari heading (H1, H2, dst), optimasi gambar, kecepatan loading situs, dan masih banyak lagi.

2. Off-page Optimization

Off-page SEO lebih mengarah kepada aktifitas promosi yang terjadi di luar website Anda yang bertujuan untuk mengangkat reputasi situs Anda di mesin pencari. Sederhananya, coba bayangkan ini seperti sistem ranking dimana website yang paling banyak divoting berada di posisi yang paling tinggi. Voting di dalam konteks ini adalah banyaknya jumlah link yang datang dari luar ke situs Anda; baik dari website lain, social bookmarking, social sharing, dan lainnya.

Apa itu Search Engine Marketing (SEM)?

Seperti SEO, Search Engine Marketing juga digunakan sebagai strategi untuk mempromosikan situs Anda dengan meningkatkan visibility pada hasil mesin mencari melalui optimasi dan periklanan. Tetapi, untuk itu Anda perlu mengeluarkan sejumlah uang. SEM biasanya meliputi pay-per-click (PPC) melalui Google Adwords atau Bing Ads dan iklan berupa banner yang dipasang di situs-situs yang berkaitan, biasanya juga dikombinasikan dengan SEO.

Mana yang sebaiknya digunakan terlebih dahulu?

Nah, sekarang Anda sudah tahu perbedaan antara SEM dan SEO. Pasti Anda mulai bertanya-tanya, metode mana yang harus diterapkan duluan? Ataukah sebaiknya langsung menggunakan keduanya sekaligus?

SEM sendiri memiliki keunggulan dalam mendatangkan trafik ke situs Anda dengan instan, sedangkan untuk SEO perlu waktu lama agar peringkat website Anda bisa naik. Jika Anda ingin mempromosikan sebuah situs yang baru diluncurkan, SEM dapat menjadi pilihan yang bagus untuk Anda. Namun, untuk jangka panjang, implementasi SEO yang baik dapat membantu kredibilitas situs Anda dengan biaya yang lebih sedikit tentunya.

Pada akhirnya semua kembali kepada kebutuhan bisnis Anda dan banyaknya budget yang tersedia. Apapun metode yang Anda pilih, perlu diingat bahwa tujuan dari kedua teknik ini adalah bagaimana Anda mendapatkan jumlah trafik yang relevan dan berkualitas ke situs Anda.

(doxadigital)

Tags: #seo #seo cirebon