Beberapa Anggapan Tentang Teknologi Ini Ternyata Keliru

221 views

Tidak dapat dipungkiri, saat ini memang kita sangat bergantung dengan teknologi. Hampir semuanya dilakukan dengan teknologi. Namun, karena kategori teknologi yang terlalu luas, membuat kita cukup repot untuk mempelajarinya.

Biasanya kalau sudah begini, kita sih akan bertanya ke orang lain. Namun di satu sisi, informasi dari mulut ke mulut, ini kerap kali menimbulkan mitos.

Berita-Online-Cirebon-Mitos-Teknologi-Ini-Ternyata-Keliru-568x315

Nah, supaya kamu nggak keliru lagi dalam menanggapi mitos seputar teknologi. Berikut ini mitos yang terbukti keliru yang dilansir melalui Foss Byte.

1. Laptop Terus Di-Charge Akan Merusak Baterai

Rupanya men-charge laptop secara terus menerus itu tidak akan merusak baterai. Yang membuatnya rusak justru adalah karena panas berlebih.

2. Resolusi Layar Makin Tinggi Pada Smartphone Artinya Makin Baik

Saat ini layar smartphone ditawarkan dengan resolusi yang sangat tinggi, bahkan 4K. Padahal faktanya, kejernihan layar nggak hanya ditentukan oleh resolusi saja. Justru yang paling berpengaruh adalah teknologi layar yang dipergunakan oleh smartphone itu sendiri, apakah OLED atau LCD atau apa.

3. WiFi Dapat Menyebabkan Kanker

Ada isu yang mengatakan bahwa sinyal WiFi berpotensi untuk menyebabkan kanker, padahal faktanya tidak sama sekali. Hal ini pun dibuktikan melalui penelitian yang dilakukan oleh WHO. Hasilnya, tidak terbukti sama sekali. Detil mengenai penelitian itu sendiri bisa kamu lihat melalui situs resmi milik WHO.

Hasil Penelitian Sinyal Wifi Oleh WHO

4. Mode Penyamaran Tidak Bisa Dilacak

Mode penyamaran (incognito mode), atau penelusuran pribadi, adalah fitur yang dapat kamu aktifkan di browser, agar orang lain yang menggunakan komputer yang sama, tidak bisa melihat riwayat dan unduhan kamu.

Kamu dapat menggunakan mode penyamaran untuk merahasiakan aktivitas penjelajahan web, atau ketika kamu menggunakan komputer umum dan khawatir terhadap keamanan dan privasi kamu.

Namun, mode penyamaran hanya berfungsi untuk mencegah komputer, agar tidak menyimpan informasi penelusuran secara lokal. Hal ini, tidak bisa membuat kamu daring (online) secara anonim, aktivitas kamu masih bisa dilacak.

5. Sinyal Operator Penuh, Layanan Internet Cepat

Melihat sinyal operator di smartphone kamu penuh, memang membawa kepuasan tersendiri. Ya, kita berharap pada layanan yang handal, internet yang cepat, panggilan suara jenih, dan lainnya.

Namun, kenyataannya tidak begitu. Kekuatan sinyal bukan jaminan kualitas dari layanan operator. Ada banyak faktor lain yang mempengaruhi pengalaman kecepatan internet, ataupun kualitas panggilan suara.

6. Lebih Banyak RAM, Lebih Cepat

Kebanyakan orang berpikir, jika mereka menambah lebih banyak RAM akan membuat PC/laptop kamu menjadi super komputer. Kenyataannya tidak demikian, RAM besar memang lebih baik, membuat aplikasi berjalan lebih stabil, dan aktivitas multitasking lebih lancar. Tapi, tidak membuat komputer kamu jauh lebih cepat.

Itulah mitos teknologi yang ternyata menyesatkan. Dari daftar di atas, apakah masih ada mitos yang kamu percaya yang ternyata salah?

(cirebon24)

Tags: #teknologi