Tips Memilih TV Monitoring Untuk Kamera CCTV

271 views

Sebelum anda memilih TV untuk Kamera CCTV, anda perlu bertanya pada diri anda sendiri apakah anda memerlukan TV untuk Kamera CCTV anda? Terkadang Kamera CCTV dipasang khusus agar dapat memonitor dari gadget anda sehingga memang tidak diperlukan TV untuk melihat karena memang tidak akan pernah dilihat.

Kamera CCTV

Tetapi jika anda memang telah menentukan memerlukan TV untuk Kamera CCTV anda maka baca tips tips kami dibawah ini dalam memilih TV yang cocok untuk Kamera CCTV.

1. Perhatikan Kabel Output dari DVR CCTV Anda

DVR atau mesin CCTV anda biasanya tidak selalu dilengkapi dengan segala jenis kabel output. Perhatikan beberapa jenis kabel output dari DVR dibawah ini:

Kabel output single video (kabel kuning) : Kabel ini hanya dapat mentransfer video aja dengan resolusi yang kurang tajam sehingga hasil gambar akan sedikit pecah dan blur. Selain itu kabel output ini juga rentan rusak dikarenakan posisinya yang kurang kokoh dan mudah tersenggol.

Kabel output audio untuk CCTV yang dilengkapi dengan microhone.

Kabel output VGA (biasa anda lihat di monitor komputer) : Kabel output VGA hanya dapat mentransfer video saja dengan resolusi maksimal 720p atau HD Ready. Hasil gambar sudah cukup bagus tetapi tidak semua TV mendukung kabel VGA.

Kabel output DVI (biasa anda lihat di monitor komputer) : Kabel output DVI dapat mentransfer video dan juga audio. Hasil video yang dihasilkan bisa mencapai 1080p sehingga gambar akan jernih. Akan tetapi input DVI ini jarang sekali ditemukan di TV yang dijual di pasaran.

Kabel output HDMI : Kabel output HDMI dapat mentransfer video dan juga audio. Hasil video yang dihasilkan maksimal dan gambar akan sangat jernih. Tipe input ini hampir selalu ada di seluruh TV yang dijual sekarang di pasaran.

Jika DVR anda mendukung output HDMI, usahakan untuk menggunakan output HDMI untuk hasil yang maksimal dan juga pastikan bahwa TV yang anda pilih dapat mendukung input HDMI.

Intinya perhatikan kabel output dari DVR anda dan pilih TV yang mendukung kabel output itu.

2. Perhatikan Berapa Channel Atau Kamera CCTV Yang Mau Anda Perhatikan Sekaligus

Saat artikel ini ditulis (Agustus, 2015) sebuah mesin DVR dapat menampilkan 16 channel/kamera dalam satu tampilan. Apakah anda ingin selalu memperhatikan semua 16 kamera secara sekaligus? Atau hanya 1, 4, atau 9 channel/kamera sekaligus ?.

Dengan makin banyaknya channel yang mau anda perhatikan sekaligus, anda akan memerlukan TV dengan ukuran yang lebih besar.

Umumnya jika ada hanya ingin memonitor 1 channel saja, anda tidak memerlukan TV yang terlalu besar, dikarenakan tampilan gambar tidak terbagi dengan channel lainnya.

Kami merekomendasi untuk tampilan 16 channel/kamera sekaligus, ukuran TV minimal yang anda pilih adalah 32?, dikarenakan jika anda memilih TV yang lebih kecil dari itu, setiap channelnya akan terbagi sangat kecil sehingga susah kali melihat Kamera CCTV nya walaupun dari jarak dekat.

3. Perhatikan Lokasi Penempatan TV

Dalam memilih TV yang cocok untuk CCTV anda harap diperhatikan peletakan posisi TV anda. Apakah anda akan memonitor Kamera CCTV anda dari jarak dekat atau jauh ? Semakin jauh anda meletakkan TV anda, otomatis anda akan memerlukan TV yang lebih besar ukurannya, dan juga yang dapat memberikan output resolusi yang semakin bagus. Karena jika hanya asal besar saja, gambar tidak akan terlihat jelas atau akan terlihar besar tapi buram/blur.

Kadang lokasi penempatan CCTV juga sedikit sensitif dengan siapa yang anda perkenankan untuk melihat. Contoh jika anda memasang CCTV di toko/restaurant/cafe anda, tentu anda tidak mau agar tamu dapat melihat Kamera CCTV anda. Sehingga jika memang anda tidak menginginkan seperti itu, jangan memilih TV yang terlalu besar.

4. Perhatikan Resolusi Output dari DVR & Kamera

Anda perlu mengetahui resolusi output dari DVR dan kamera anda. Untuk lebih mudah dimengerti, anda perlu bayangkan seperti kamera handphone. Jika kameranya hanya bisa mengambil gambar sekian megapixel, maka hasil yang ditampilkan akan seperti yang diambil. Tidak bisa lebih bagus. Jika memang resolusi dari kamera dan DVR anda tidak mendukung yang terlampau bagus, maka anda juga tidak perlu mencari TV yang terlalu bagus, dikarenakan hasilnya akan sama saja.

5. Konsumsi Listrik

CCTV dan TV anda akan hampir selalu menyala 24 jam 7 hari seminggu. Maka dari itu konsumsi listrik juga merupakan hal yang perlu untuk anda perhatikan. Dari urutan konsumsi listrik terkecil sampai terbesar adalah LED TV, LCD TV, Plasma TV, TV Tabung. Harap cermat dalam memilih TV yang anda akan gunakan di setiap harinya.

Sumber : zonacctv.com

Tags: #Kamera Keamanan #Security Camera #TV untuk CCTV