Membangun SmartHome dengan Trio TP-Link

582 views

screenshot_1

Dengan memiliki anggota keluarga yang cukup banyak di rumah, pengeluaran untuk biaya internet smartphone dirasa cukup menguras kantong. Padahal, pemakaian internet kami lebih banyak di rumah dibandingkan dengan luar rumah. Akhirnya, kami pun menyiasati dengan membangun jaringan multimedia (SmartHome) dengan TRIO TP-LINK yang terdiri dari yang terdiri dari TL-WR340G Wireless RouterTL-350GD Wireless PCI Adapter, dan TL-SF100D Desktop Switch.

Berikut, inilah jaringan multimedia (SmartHome) yang saya miliki dengan menggunakan TRIO TP-LINK di lantai atas dan bawah.

screenshot_2 screenshot_3

Lalu, apa saja kegunaan dari masing-masing perangkat dari TRIO TP-LINK tersebut?

1. 5-Port 10-100Mbps Desktop Switch - TL-SF1005D

Perangkat TL-SF1005D memiliki 5 Ports yang berfungsi sebagai penghubung antara PC Desktop, Modem WiFi provider internet, dan TL-WR340G Wireless Router dengan rincian sebagai berikut ini:

  • Kabel Abu-Abu: Menghubungkan ke Modem WiFi Provider Internet
  • Kabel Kuning: Menghubungkan ke PC Desktop
  • Kabel Biru: Menghubungkan ke TL-WR340G di Lantai Bawah

TL-SF1005D memiliki desain yang simple dan praktis, serta cara penggunaan yang mudah karena tidak perlu menginstall driver atau plug and play.

2. 54 Mbps Wireless Router - TL-WR340G

Fungsi dari TL-WR340G adalah memancarkan sinyal wifi yang lebih luas. Sehingga, seluruh tempat di rumah terpancar sinyal wifi.

TL-WR340G ditujukan untuk penggunaan Basic Internet Applications yang cocok dengan jaringan multimedia (SmartHome) di rumah. Dengan CD Easy Setup Assistant yang didapat dari pembelian, perangkat ini dapat dengan mudah diinstall. Kemudian dengan WPA / WPA 2 Encryptions - Advanced Security, kita pun dapat memasangkan password pada wifi kita.

3. 54Mbps Wireless PCI Adapter - TL-WN350GD

Karena memiliki 2 buah PC Desktop di lantai atas dan bawah, maka untuk di lantai bawah saya menggunakan TL-WN350GD untuk menerima wifi yang dipancarkan olehTL-WR340G. Dengan hanya dipasangkan di bagian belakang CPU dan penginstallan driver yang mudah, perangkat ini dapat menerima wifi dengan sangat baik.

Dengan jaringan multimedia (SmartHome) yang saya miliki dengan menggunakan TRIO TP-LINK, kami pun kini dapat dengan mudah mengakses internet di PC / Laptop dan smartphone. Sehingga pengeluaran internet untuk smartphone dapat ditekan karena tidak perlu membeli kuota internet yang besar melainkan kuota internet secukupnya.

(sumber)

Tags: #internet #smarthome