Cara Lindungi Anak dari Pengaruh Buruk Internet

453 views

ISP-Majalengka-Mentari-Cara-Lindungi-Anak-di-Bawah-Umur-dari-Pengaruh-Buruk-Internet-725x315

1. Berikan Pengertian Sebelum Memberikan Gadget

Ketika anak mulai minta gadget, baik itu smartphone maupun tablet. Hal pertama yang dilakukan adalah dengan memberikan pengertian yang positif, bahwa perangkat tersebut harus digunakan untuk hal-hal yang berguna. Serta panduan mana yang boleh dilakukan dan mana yang tidak boleh dilakukan.

2. Buat Aturan Penggunaan Internet yang Tegas

Orang tua tidak boleh membiarkan begitu saja penggunaan internet untuk anak, buat aturan yang jelas dan tegas mengenai penggunaan internet agar tidak menjerumuskan anak. Tentukan apa saja yang boleh dilakukan, kapan waktunya, dan berapa lama. Perhatikan pula saat hari libur, jangan karena libur dibolehkan bermain gadget sepanjang hari.

3. Libatkan Orang Tua ke Dunia Online Anak

Sudah seharusnya sebagai orang tua mengenal ruang lingkup gerak anak, baik di dunia nyata maupun di dunia maya. Pastikan anak menggunakan teknologi dengan aman dan ajarkan anak untukmelindungi privasiĀ agarĀ tidak disalahgunakan oleh orang lain.

4. Aktifkan Fitur Parental Control dan Install Software Proteksi

Sistem operasi Windows maupun Mac sudah dilengkapi dengan fitur parental control, fitur ini bisa diaktifkan untuk melindungi anak dari hal-hal negatif. Kamu juga bisa install aplikasi pihak ketiga, untuk memblokir konten tertentu. Seperti konten dewasa dan konten kekerasan, hal ini penting karena tidak setiap waktu orang tua bisa mengawasi anak secara langsung.

5. Install Ekstensi di Browser

Agar browser tidak bisa membuka situs-situs yang berbahaya bagi anak. Jika menggunakan browser Google Chrome, ada baiknya meng-install extension Parental Controls & Web Filter from Metacert. Ekstensi ini akan memblokir situs-situs terlarang yang mengandung konten dewasa dan malware. Bukan hanya di Google Chrome, di Mozilla Firefox juga ada banyak extension semacam itu.

TIPS LAINNYA:

6. Gunakan DNS Nawala untuk Blokir Situs Dewasa

Sebagai pencegahan, orang tua bisa melakukan pemblokiran sendiri situs-situs terlarang dengan menggunakanDNS Nawala. Dengan menginput alamat DNS Nawala di pengaturan komputer, maka konten tersebut akan diblokir dan tidak bisa diakses oleh anak. Untuk informasi lebih lanjut langsung saja kunjungi nawala.org.

Lebih Lengkapnya di..

Tags: #internet