Kominfo Realisasikan Pembangunan 1.656 Lokasi Akses Internet

143 views

Kementrian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) telah merealisasikan 1.656 Lokasi Akses Internet yang dibangun melalui Kewajiban Pelayanan Universal/Universal Service Obligation (KPU/USO).

BP3TI Kementerian Kominfo menargetkan akses internet terbangun di 1.600 lokasi di Indonesia, terutama untuk daerah yang belum memiliki akses internet. Jumlah tersebut merupakan total target pembangunan Tahun 2015 dan 2016. Sampai dengan pertengahan November 2016 sebanyak 1.656 lokasi akses internet telah on air, sementara 448 lokasi lainnya dalam tahap deployment. Pembangunan 1.600 lokasi ditargetkan selesai pada Desember 2016.

“Akses internet yang dibangun menggunakan dana USO memiliki kapasitas bandwidth rata-rata 2Mbps. Kapasitas tersebut dirasa cukup untuk melakukan selancar, pengunduhan dan pengunggahan. Akses internet yang telah disediakan dipergunakan untuk menunjang proses belajar mengajar serta bermanfaat untuk masyarakat sekitar,” kata Menkominfo Rudiantara dalam siaran pers, kemarin.

Diungkapkannya, sesuai dengan Rencana Strategis kementerian Komunikasi dan Informatika 2015-2019, pada tahun 2019 sudah terbangun 4.000 lokasi tersebar di sekolah, fasilitas layanan umum seperti puskesmas, lokasi turis dan lainnya.

Penyediaan akses internet oleh Kementerian Kominfo di lokasi usulan-usulan Pemda dibangun dengan menggunakan dana KPU/USO yang dikelola Balai Penyedia dan Pengelola Pembiayaan Telekomunikasi dan Informatika (BP3TI). Akses Internet diimplementasikan melalui kerjasama BP3TI, pemerintah daerah, serta perusahaan penyediaan jasa akses internet.

Mekanisme kerjasama menggunakan sewa layanan, di mana BP3TI membiayai sewa layanan akses internet, pemerintah daerah/kementerian/lembaga memberikan usulan lokasi serta komitmen dalam implementasi, dan penyedia jasa menyediakan bandwidth sesuai pengadaan.

Penyediaan jasa akses internet disesuaikan dengan kondisi geografis dan demografis di daerah. Secara umum metode akses internet yang dipilih adalah melalui jaringan fiber optic, radio link atau wireless dan VSAT (Very Small Aperture Terminal).

Kominfo Realisasikan Pembangunan 1.656 Lokasi Akses Internet
kominfo-sudah-realisasikan-pembangunan-1-656-lokasi-akses-internet-isp-majalengka

Menkominfo Rudiantara mengunjungi lokasi akses internet yang dibangun melalui KPU/USO di SMP Negeri 5, Desa Sakita, Kecamatan Morotai Selatan, Kabupaten Pulau Morotai, Provinsi Maluku Utara, Senin (21/11). (Foto:Kominfo)

Misalnya, di kawasan Provinsi Maluku Utara, total penyediaan akses internet KPU/USO mencakup 74 lokasi, yang salah satunya di SMPN 5 Sakita, Morotai Selatan.

Anggota Komisi I DPR RI Daerah Pemilihan Maluku, Irine Yusiana Roba Putri mengapresiasi kehadiran Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara di Kabupaten Pulau Morotai, Provinsi Maluku Utara. “Pak Menteri ini adalah menteri pertama yang sampai ke Bere-bere, Desa Sakita,” ujar Irine.

Menurut Irine saat ini, pemerintah mengedepankan konsep pembangunan dari pinggir. “Konsep pembangunan dari Nawacita Jokowi itu adalah membangun dari pinggir. Jadi kalau kita melihat apa yang dimaksud dengan pembangunan dari pinggir adalah menempatkan desa sebagai titik tekan dan perhatian.” jelasnya.

(mentari)

Tags: #indonesia #internet #Kominfo