Ketua Gapensi Pimpin BAZ

392 views

KUNINGAN- Untuk kali pertama, Badan Amil Zakat (BAZ) Kuningan tidak dipimpin oleh seorang tokoh agama. Mulai periode 2012, badan penampung, pendayaguna sekaligus pendistribusi zakat resmi bentukan pemerintah tersebut dinakhodai oleh pengusaha jasa kontruksi. Dia adalah H Uba Sobari AK.
Bersama jajaran pengurus baru BAZ lain, Kamis (19/4), Uba yang juga Ketua BPC Gabungan Pelaksana Kontruksi Nasional Indonesia (Gapensi) Kuningan tersebut dilantik oleh Bupati Kuningan H Aang Hamid Suganda di Ruang Rapat Linggajati Setda.
Ketua BAZ Kuningan terlantik, H Uba Sobari AK, mengungkapkan rasa haru. Ia tidak menyangka orang nomor satu di Kota Kuda itu meminangnya untuk mengelola BAZ. “Saya ini bukan tokoh agama. Saya biasa bergelut di jasa kontruksi. Sungguh di luar dugaan. Ini amanah besar. Saya ucapkan terimakasih atas kepercayaan Pak bupati,” ungkap Uba, didampingi Kasi Pendayagunaan, Drs KH Abdul Azis Amrullah.
Ia tidak mau mengumbar janji atas kepercayaan ini. Tapi pria 57 tahun itu  akan membuktikannya dengan kerja keras. Pastinya, BAZ ke depan harus lebih baik. Tentu tidak sebatas cukup dengan kerja keras. BAZ penting mendapat dukungan penuh bupati bersama jajaran. “Tanpa dukungan Pak bupati dan jajaran, BAZ bukan apa-apa. Sebaliknya BAZ akan besar bila didukung penuh Pak bupati,” tandasnya.
Seperti halnya untuk optimalisasi tugas BAZ, sudah selaiknya operasional BAZ ke depan dibantu oleh APBD. Meskipun sebenarnya ada bagian hak amil dalam zakat. Juga untuk mendongkrak peningkatan pengumpulan zakat harus juga dibantu oleh komitmen dan konsistensi para satuan kerja perangkat daerah (SKPD).
Yang utama baginya adalah pembenahan di dalam. Kemudian menyentuh tugas berat BAZ. Yaitu mendongkrak kepercayaan masyarakat yang belum optimal. Sistem akuntabilitasi dan transfaransi publik atas penerimaan, pendayagunaan dan distribusi sasaran zakat akan menjadi perhatian seriusnya. “BAZ itu bukan badan profit oriented, tapi murni ibadah,” tegas Uba.
Selain akan menjangkau masyarakat luas, ia berencana mengetuk hati para pengusaha Kuningan untuk bisa berzakat lewat BAZ. Begitu dengan para perantau sukses asal Kuningan di kota-kota besar yang belum tersentuh akan diajaknya untuk ikut membesarkan BAZ.
Turut menyaksikan Wakil Bupati Drs H Momon Rochmana MM, Sekda Drs H Yosep Setiawan MSi, Ketua DPRD H Acep Purnama MH, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah, para Kepala SKPD dan lain-lain. (tat)

View the original article here