5 Kesalahan Strategi Online yang Sering Dilakukan (Bagian 2)

579 views

strategi online

3. Menunda membangun sebuah website

Tidak dapat dipungkiri bahwa website menjadi sangat penting dalam era digital saat ini. Dengan banyaknya pembuat website gratis seperti Wix.com dan Weebly, para pebisnis memiliki pilihan yang mudah dan ekonomis untuk membuat situs sebagai strategi online mereka.

Platform ini diperuntukkan bagi pengguna non-teknis, alat-alatbaru ini menyediakan template yang mudah digunakkan untuk mengarahkan Anda ke website baru. Beberapa fitur gratis yang termasuk dalam paket sepertishopping cart, formulir online, blog, social sharing link, pemutar video dan audio, search engine optimization, mobile device optimization, situs pelaporan, bantuan untuk pelanggan, dan masih banyak lagi.

Kuncinya adalah memulai dari yang kecil. Buatlah beberapa halaman kemudian kembangkandari situ. Pastikan Anda melakukan penelitian dan memilih pembuat website yang cocok dengan kebutuhan Anda, serta yang dapat mengimbangi perkembangan bisnis Anda.

4. Membangun sebuah website dan kemudian melupakannya

Website merupakan pusat hub dari kehadiran online atau online presence Anda. Tetapi tidak akan ada orang yang melihat website Anda jika Anda tidak secara aktif memasarkan bisnis Anda secara strategi online. Anda dapat membangun traffic ke website dan mendapatkan pelanggan dengan berbagai cara, termasuk:

  • Pemasaran melalui media sosial: Promosikan bisnis, produk dan layanan Anda pada media sosial, serta arahkan pelanggan Anda ke website untuk informasi lebih lanjut.
  • Pemasaran melalui email: Gunakan email perusahaan Anda dan kirimkan informasi mengenai berita dan penjualan khusus kepada pelanggan. Sertai link untuk menuju website agar pelanggan dapat mengetahui lebih lanjut tentang brand Anda.
  • Search Engine Marketing(SEM): Dikenal juga dengan pencarian berbayar, SEM memungkinkan Anda mempromosikan website bisnis Anda pada bagian iklan berbayar hasil pencarian search engine.

Salah satu cara terbaik untuk mengarahkan pelanggan pada website dan membuat mereka kembali adalah dengan membuat konten berkualitas tinggi yang menarik dan bernilai bagi pelanggan. Konsumen akan selalu mencari infomasi yang orisinil dan terpercaya pada situs online. Oleh karena itu, tetaplah konsisten terhadap apa yang Anda ketahui.

Tambahkan konten yang menarik pada website secara teratur untuk meningkatkan peringkat website Anda disearch engine (mesin pencari). Untuk lebih fokus pada konten, mulailahmembuat blog pada website Anda. Ini adalah cara cepat dan ekonomis untuk memperkuat konten Anda. Untuk setiap blog, fokus pada satu topik kemudian tulis satu sampai tiga paragraf agar mudah dibaca pelanggan dan juga lebih bisa diatur proses produksinya.

5. Tidak mempertimbangkan strategi nama domain dalam pemasaran Anda

Ingatlah bahwa nama domain lebih dari sekedar alamat web atau email – Anda dapat menggunakannya untuk pemasaran.

Bahkan, penggunaan nama domain adalah salah satutaktik yang berhasil digunakan merek besar dewasa ini dan dapat diterapkan dengan mudah untuk mendorong merek Anda.

Perusahaan besar mendaftarkan lebih dari satu alamat web untuk banyak alasan. Misalnya, Anda dapat mendaftarkan nama domain yang berbeda untuk kampanye pemasaran dan meneruskannya ke halaman situs web yang ada untuk mendukung kampanye tersebut.

Domain forwarding juga dapat digunakan untuk membantu pelanggan menemukan bisnis Anda. Misalnya, jika nama domain Anda adalah rumahcantik.com, Anda dapat mendaftarkan nama domain dengan lokasi geografis yang spesifik (misalnya rumah cantik jakarta.com atau sorot spesialisasi atau area bisnis yang kemungkinan dicari oleh pelanggan potensial, seperti misalnya bakpiajogja.com).

Menggunakan kata kunci seperti ini dapat membuat perbedaan. Bahkan, belum lama ini penelitian dari Verisign mengungkapkan bahwa dalam pencarian,para pengguna internet hampir dua kali lebih mungkin mengklik nama domain yang setidaknya mencakup salah satu kata kunci dalam pencarian mereka, dibandingkan dengan nama domain yang tidak termasuk dalam pencarian mereka.

Sementara itu, ada banyak variabel yang menentukan apakah laman Anda masuk ke dalam peringkat pencarian. Antara lain seperti kualitas konten, cross-linking, bujet iklan, peningkatankecepatan website, dan sebagainya. Strategi cerdas untuk memastikan situs Anda masuk ke dalam peringkat pencarian adalah dengan memiliki portofolio deskriptif serta nama domain dengan kata kunci yang kaya sehingga memberikan peluang bagus bagi pebisnis agar calon pelanggan  mengklik situs web mereka.

(selular.id)

5 Kesalahan Strategi Online yang Sering Dilakukan (Bagian 1)

Tags: #domain website #media social #strategi online