5 Kesalahan Strategi Online yang Sering Dilakukan (Bagian 1)

512 views

Para pemilik bisnis pasti memiliki banyak kesibukan. Hal ini membuat mereka kesulitan untuk bisa fokus dan memerhatikan berbagai aspek operasi bisnisnya secara seksama baik strategi online maupun offline.

Tidak heran jika sebagian besar bisnis akhirnya melakukan kesalahan dalam keputusan bisnisnya. Tapi, satu kesalahan yang harus dihindari pebisnis saat ini adalah mengabaikan strategi online presence mereka. Apalagi berdasarkan survei terkini dari Asosiasi Penyedia Jasa Internet Indonesia (APJII), 5 dari 10 orang konsumen di Indonesia menggunakan internet dalam mencari produk dan jasa lokal untuk dibeli.

strategi online

Berikut ini adalah beberapa kesalahan strategi online yang dilakukan UKM serta tips dalam membantu memastikan agar bisnis Anda tetap berada di jalur yang tepat.

1. Menggunakan alamat page media sosial sebagai alamat web utama Anda

Dari total 256.2 juta orang pengguna internet di Indonesia, sekitar 97.4% pengguna menggunakan internet untuk mengakses media sosial. Sehingga bagi banyak UKM, media sosial merupakan kunci untuk mengembangkan bisnis mereka. Tapi bagaimana cara terbaik agar bisnis Anda bisa ditemukan di media sosial? Salah satu cara yang paling mudah untuk memastikan pelanggan dapat menemukan dimana bisnis Anda berada adalah dengan mendaftarkan nama domain dan mengarahkannya ke laman media sosial Anda.

Hal ini disebut dengan domain forwarding, dimana cara kerjanya sama seperti mail forwarding. Caranya, Anda tinggal membuat pengaturan yang akan mengarahkan secara otomatis pengunjung nama domain Anda kepage Facebook, LinkedIn, atau platform media sosial lainnya sebagai pusat komunikasi bisnis Anda atau e-commerce hub. Pengaturan domain forwarding sangat mudah, dengan bantuan registrar nama domain Anda, pengaturan hanya akan memakan waktu sekitar lima menit.

Nama domain juga ideal untuk branding perusahaan dengan menyediakan alamat web yang berkesan sebagai bagian dari pemasaran Anda. Sehingga ketika siap untuk membuat website, Anda tidak perlu lagi untuk mengganti nama alamat web yang telah diketahui dan digunakan oleh pelanggan.

2. Menggunakan provider email gratis sebagai alamat email perusahaan Anda

Nama domain lebih dari sekedar alamat bagi website Anda – nama domain dapat mewakili setiap aspek dari identitas online bisnis Anda, termasuk saat Anda melakukan komunikasi bisnis. Selain alamat web, Anda dapat menggunakan nama domain untuk membuat alamat email khusus bagi bisnis Anda.

Sebagai contoh, menurut Anda alamat email mana yang terlihat lebih terpercaya bagi pelanggan:admin@emailgratisan.com atauadmin@belanjapintar.com? Jawabannya jelas yang terakhir, terutama jika nama domain Anda sudah banyak dikenal karena banyak pengunjung diarahkan ke website belanjapintar.com. Dengan demikian Anda akan terlihat lebih terpercaya dibanding hanya menggunakan akun email gratis tanpa branding bisnis Anda.

Selain itu, banyak penipuanmelalui email dan phishing terjadi sehingga konsumen pun memilih untuk berbisnis dengan perusahaan yang dapat dipercaya. Intinya: alamat email yang mewakilkan perusahaan dan brand Anda sangat penting dalam membangun kepercayaan dengan pelanggan.

5 Kesalahan Strategi Online yang Sering Dilakukan (Bagian 2)

Tags: #domain website #media social #strategi online

Author: 
    author
    No related post!