Kejadian di Ranah Teknologi Tahun 2016

162 views

Tak terasa, 2016 sudah tinggal hitungan hari. Berbagai fenomena mewarnai media sosial di penghujung tahun. Lalu bagaimana dengan bulan-bulan sebelumnya di ranah teknologi?

ranah teknologi

VR masuki industri game

VR sepertinya menjadi salah satu teknologi yang hangat dibicarakan tahun ini terutama di industri game. 

Kehadiran headset VR canggih ini mendorong para developer game untuk mengadaptasi teknologi virtual reality ke dalam game garapan mereka. Keadaan ini menjadikan industri game sebagai yang tercepat dalam mengadopsi teknologi VR.

Namun, VR tidak hanya berkembang pesat di dunia game saja. Dunia hiburan, pendidikan, dan pariwisata mulai mengadopsi teknologi penuh potensi ini.

Babak baru teknologi driverless car

Bicara soal isu teknologi di 2016, jelas tidak lepas dari perkembangan driverless car (moda transportasi tanpa pengemudi) di tahun 2016 ini. Salah satu perusahaan yang gencar mengadopsi teknologi ini adalah Uber, yang tahun ini melakukan serangkaian pengujian layanan pemesanan mobil tanpa pengemudi.

Belum lagi kabar bahwa seluruh mobil listrik terbaru milik Tesla akan dilengkapi oleh hardware pendukung otomatisasi pengemudi, serta proyek mobil otomatis Google yang membentuk perusahaan baru bernama Waymo di bawah payung Alphabet. Serangkaian kejadian penting ini menandakan keseriusan para raksasa teknologi dalam mengembangkan teknologi mobil kemudi otomatis demi memudahkan kehidupan manusia.

Indonesia akuisisi lisensi pengembangan BBM

Di tengah kesulitan yang dihadapi oleh BlackBerry, perusahaan yang dahulu dikenal dengan nama Research in Motion (RIM) tersebut mengumumkan kerjasama strategis dengan Emtek, perusahaan asal Indonesia. Kerjsama tersebut mencakup hak intelektual dan lisensi dari aplikasi BlackBerry Messenger (BBM).

Kerjasama ini dinilai masuk akal mengingat Indonesia masih menjadi basis pengguna BBM terbesar di dunia. Hingga saat ini BBM telah kehadiran berbagai layanan seperti BBM Shopping dan BBM Travel yang terintegrasi portofolio Emtek lainnya, Bukalapak dan Reservasi. Dalam beberapa waktu ke depan, dipastikan BBM akan kebanjiran fitur-fitur baru yang memudahkan para penggunanya.

Demam drone landa YouTuber

Teknologi drone memang sudah tidak asing di telinga kita. Sejak beberapa tahun ke belakang, perusahaan seperti DJI telah menyediakan drone berspesifikasi tinggi untuk kebutuhan film profesional yang tentunya dibanderol dengan harga selangit.

Namun nampaknya tahun ini kebutuhan masyarakat umum terhadap drone mulai bermunculan khususnya di kalangan YouTuber.

Google hadirkan rangkaian produk pintar terintegrasi

Event Google yang diadakan pada bulan Oktober tahun ini memang lebih berfokus pada hardware ketimbang software. Lewat acara tersebut, Google memperkenalkan Pixel dan Pixel XL, Daydream VR, Google Home, Google Wifi, dan Chromecast Ultra. Kelima produk terbaru ini saling terhubung lewat layanan baru bernama Google Assistant.

Hampir mirip dengan Google Now, Google Assistant memiliki kemampuan yang dapat menopang kebutuhan sehari-hari pengguna berkat teknologi AI yang dimilikinya.

Rangkaian hardware yang dirilis Google di tahun ini sepertinya membuktikan niat serius Google dalam mengintegrasikan layanannya dengan seluruh elemen kehidupan manusia lewat Internet of Things (IoT).

Itulah beberapa rangkaian kejadian penting paling menarik di ranah teknologi yang terjadi di sepanjang tahun 2016.

(mentari.net.id)

Tags: #2016 #teknologi