Karakteristik Layanan Internet Masa Kini

619 views

Internet Cirebon - Jangan heran kalau hari-hari ini banyak orang datang ke warung kopi atau tempat makan malah lebih dulu bertanya soal akses Wi-Fi, bukannya menu.

Fenomena serupa sudah jamak pula merambah tempat-tempat umum lain, dari perpustakaan, taman, hingga bandara.

Kebutuhan mencari akses Wi-Fi ini tak terlepas dari kecenderungan makin lekatnya orang-orang pada teknologi internet. Terlebih lagi, ponsel pintar (smartphone) dengan kemampuan mengakses internet sudah jadi barang lumrah dalam keseharian.

Riset Google terbaru, seperti diunggah lewat situs web www.thinkwithgoogle.com pada September 2016, menguatkan bahwa orang sudah makin intim dengan internet.

internet cirebon

Internet Cirebon - Berdasarkan jajak pendapat yang mendapatkan 14.000 respons, riset tersebut mendapati, saat ini orang-orang otomatis meraih ponsel atau gagdet lalu berselancar di dunia maya setiap kali butuh mencari sesuatu.

Kebutuhan Wi-Fi pun tak lagi terbatas sekadar untuk berbincang lewat layanan chat, bermain game online, atau sekadar mendapatkan kabar terbaru dari situs web.

Nah, mencari akses Wi-Fi di tempat umum, bisa jadi adalah salah satu cara untuk sedikit menghemat pemakaian kuota internet dari ponsel atau gadget.

Internet Cirebon - Maunya yang tanpa batas, cepat, dan murah

Berdasarkan laporan informasi masyarakat di tahun 2015 dari International Telecommunication Union (ITU) menyebutkan, orang Indonesia menghabiskan rata-rata Rp 50.000 hingga Rp 300.000 untuk membeli pulsa atau berlangganan jaringan telekomunikasi.

Bayangkan bila dalam satu keluarga ada lima orang—terdiri dari ayah, ibu, dua anak, dan satu asisten rumah tangga—yang semuanya menggunakan akses internet. Biayanya sudah bisa langsung dihitung, bukan?

Sudah begitu, tantangan bagi pengakses internet Indonesia saat ini adalah kecepatan. Percuma kalau tersedia banyak akses dan biayanya masih terjangkau, tetapi lemot saat dipakai.

Internet Cirebon - Jawaban untuk tantangan kecepatan ini datang dalam rupa teknologi jaringan berbasis Wireless. Ibarat jalan, jaringan ini memberikan kesempatan menikmati layanan internet berkecepatan tinggi, stabil layaknya jalan tol dibandingkan jaringan kabel biasa atau mobile.

Ups, belum selesai tantangan bagi pengguna internet Indonesia, kalau biaya terjangkau dan kecepatan akses internet yang ditawarkan suatu provider sudah mumpuni tetapi penggunaannya masih terbatas volume atau waktu pemakaian tertentu.

Pada praktiknya, banyak tawaran layanan internet berbasis jaringan wireless yang harganya terjangkau menerapkan sistem kuota dan fair usage policy (FUP).

Konsekuensi dari kedua kebijakan itu, pemakaian internet ngebut hanya terjadi ketika kuota belum tersedot atau batas waktu pemakaian belum terlewati. Hasilnya, kecepatan pun anjlok juga saat kuota habis atau batas itu terlewati.

Menjadi menarik ketika ada provider yang menjanjikan kecepatan tinggi yang stabil tanpa batasan kuota maupun penerapan FUP, dengan harga terjangkau, seperti dilakukan ISP Mentari.

(mentari)

Tags: #internet cirebon