Kamera 360 Derajat, Cara Baru Penyebaran Informasi yang Sarat Potensi

238 views

Virtual reality (VR) menjadi salah satu sorotan utama dalam dunia teknologi pada tahun 2016. Popularitas VR juga turut menggenjot minat terhadap komponen pendukung VR lainnya, seperti kamera 360 derajat serta konten-konten berbasis VR.

Sehingga beberapa perusahaan kamera seperti Nikon dan Ricoh mencoba memenuhi kebutuhan ini dengan memperkenalkan Nikon KeyMission 360 dan Ricoh Theta. Samsung tidak mau ketinggalan, ikut merilis kamera 360 derajat bernama Gear 360.

Dalam mendesain produknya, ketiga perusahaan tersebut mengikuti konsensus umum kamera 360 derajat dengan memanfaatkan dua kamera wide angle yang dipasang saling memunggungi. Desain ini terbukti efektif menangkap gambar dari berbagai sisi tanpa perlu menggunakan lebih banyak kamera. Meski demikian, masih ada beberapa produk yang menggunakan kombinasi lebih dari dua kamera, seperti Orah 4i.

ISP-Indramayu-Teknologi-Kamera-360-Derajat-Cara-Baru-Penyebaran-Informasi

Kiri: Ricoh Theta; tengah: Nikon KeyMission 360; kanan: Samsung Gear 360

Ketiganya memiliki desain yang berbeda. Ricoh Theta dengan bentuk persegi panjang yang nyaman digenggam tanpa tripod, Nikon KeyMission 360 dengan bentuk kotak menyerupai kamera aksi, sedangkan Samsung Gear 360 mengadopsi bentuk bola yang cukup unik.

Variasi desain kamera 360 derajat di pasaran menandakan belum adanya standar yang umum digunakan dalam merancang kamera jenis ini. Lain halnya dengan kamera biasa atau smartphone yang cenderung memiliki desain itu-itu saja.

Ketiadaan standar ini sejatinya mendorong inovasi yang baik bagi perkembangan teknologi. Tetapi, seperti teknologi lain yang sedang berkembang pada umumnya, masih ada kekurangan yang ditemui, antara lain hasil gambar yang belum sempurna bulat 360 derajat.

Teknologi Kamera 360 Derajat, Cara Baru Penyebaran Informasi yang Sarat Potensi

Keberadaan kamera 360 derajat membuka berbagai kemungkinan baru dalam penyampaian informasi yang berbeda dari kamera konvensional. Lewat kamera biasa atau smartphone, fotografer dapat dengan mudah menyampaikan apa yang dipotretnya dengan mengatur fokus dan komposisi gambar.

Lain halnya dengan kamera 360 derajat yang mampu menampilkan berbagai objek sekaligus dari berbagai sisi, sehingga penggunaannya tidak bisa disamakan dengan penggunaan kamera biasa.

ISP-Indramayu-Teknologi-Kamera-360-Derajat-Cara-Baru-Penyebaran-Informasi-1

Kamera seperti ini optimal digunakan untuk menangkap gambar yang memiliki banyak point of interest atau subjek menarik, misalnya panorama pemandangan, suasana ruangan, keramaian pasar, dan semacamnya.

Alasannya, kamera biasa dan sejenisnya memiliki keterbatasan sudut pandang sehingga sulit mengambil banyak subjek sekaligus. Alasan lain karena banyak subjek yang masuk dapat merusak komposisi foto tersebut. Di level inilah kamera 360 derajat bermain untuk mengatasi kekurangan dari kamera biasa.

Argumen serupa juga bisa digunakan dalam mengambil video 360 derajat. Penyampaian informasi lewat video semacam ini juga harus diperlakukan berbeda dari video konvensional.

(mentari.net.id)

Tags: #Kamera 360 Derajat