Digunakan dengan Baik, Internet Bakal Beri Nilai Tambah

910 views
Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) bersama operator seluler Telkomsel, bahu-membahu menggalang kampanye agar internet digunakan secara ‘baik’ oleh masyarakat.

Internet Baik ISP Indramayu

“Kampanye ini untuk mengedukasi dan memberikan teladan bagi masyarakat Indonesia perihal penggunaan teknologi informasi dan komunikasi yang dapat memberikan nilai tambah bagi kita semua,” jelas Vice President Corporate Communication Adita Irawati dalam keterangannya.

Dengan langkah itu, katanya, pihaknya berharap penggunaan layanan internet yang kurang bermanfaat bisa ditekan. Lebih dari itu, mereka ingin menanamkan semangat cyber wellness di kalangan remaja dengan memberikan sosialisasi dan edukasi penggunaan internet secara bertanggung jawab, aman, inspiratif, dan kreatif.

“Bukan apa-apa, penggunaan internet secara baik dipercaya akan meningkatkan produktivitas dan memberikan dampak positif bagi perkembangan bangsa,” katanya.

Dijelaskan, penggunaan internet yang bertanggung jawab di antaranya tepat sesuai dengan norma dan etika. Pengguna internet pun terlindungi dari segala potensi kejahatan dan dampak buruk dari internet.

“Internet juga dapat meningkatkan kualitas hidup pengguna dan orang di sekitarnya. Secara kreatif berarti dapat pula menciptakan ekosistem digital yang produktif sebagai wadah pengembangan daya cipta dan kreasi yang bermanfaat secara luas bagi masyarakat,” jelasnya.

Kampanye itu di antaranya menyasar anak sekolah dasar dengan melibatkan guru dan orang tua. Mengingat manfaatnya, langkah itu diharapkan mampu berkembang menjadi sebuah gerakan sosial guna meningkatkan awareness masyarakat luas mengenai pentingnya penggunaan internet secara bijak.

Menurut Rudiantara, program ini sejalan dengan gerakan sosial kultural Kemkominfo yaitu program Agen Perubahan Informatika (API) yang menjadi garda terdepan dalam melakukan sosialisasi dan edukasi pemanfaatan Internet secara CAKAP (Cerdas, Kreatif dan Produktif) di seluruh Indonesia.

“Mari kita bergerak serentak dan saling bahu membahu dalam menjaga, mengingatkan dan melindungi masyarakat melalui pemanfaatan Internet secara CAKAP dan BAIK,” lanjut menteri yang akrab disapa Chief RA tersebut sembari meluncurkan buku In-CAKAP dan aplikasi API.id.

Aplikasi API.id yang dimaksud merupakan media daring untuk memonitor dan memperluas proses rekrutmen Agen Perubahan Informatika (API).

Sementara buku IN-CAKAP dan komik Cakap Bermedia Sosial merupakan buku panduan yang berisi pedoman berinternet secara cerdas, kreatif dan produktif, yang menuntun para pengguna internet agar dapat mengakses internet secara lebih baik sesuai dengan etika, budaya dan norma yang berlaku.

Sumber :  mentari.net.id

Tags: #indonesia #internet