Google ‘Trusted Contacts’ Bantu Lacak Posisi Keluarga

170 views

Google baru saja meluncurkan aplikasi baru bernama Trusted Contacts. Aplikasi ini memungkinkan pengguna dengan orang-orang yang mereka sayangi untuk bisa saling berbagi lokasi hanya dengan satu “sentuhan” saja.

google-trusted-contacts-bantu-lacak-posisi-keluarga

Mengapa berbagi lokasi menjadi hal yang penting? Karena sebagai manusia, kita selalu merasa khawatir atau ingin tahu keadaan hingga lokasi tempat orang yang kita sayangi berada. Karena bisa saja ketika ada hal yang tidak diinginkan terjadi, kita bisa mengetahui lokasi terakhir orang yang kita sayangi tersebut.

Untuk menggunakan Trusted Contacts, pengguna hanya perlu melakukan sign up pada aplikasi menggunakan akun Google. Selanjutnya, pilih orang-orang tercinta Anda di kontak sebagai seorang trusted contacts. Jika mereka sudah dipilih, maka Anda sebagai pengguna, bisa berbagi dan melihat lokasi pada waktu tertentu.

google-trusted-contacts-3

Hebatnya, aplikasi Trusted Contacts tidak seperti aplikasi Find My Friends dari Apple atau aplikasi sejenisnya yang membagikan lokasi penggunanya secara default, tapi aplikasi ini memungkinkan kontak yang telah dipilih tadi mengenai lokasi Anda sekarang, status online atau tidak, hingga apakah Anda mulai berjalan atau bergerak atau tidak.

Intinya, dengan menggunakan aplikasi ini, semua penggunanya dapat melihat lokasi dari kontak secara real-time ketika pengguna tersebut mengaktifkan location sharing.

Yang terpenting dalam aplikasi Trusted Contacts adalah, bisa bekerja dengan baik secara offline. Jadi ketika baterai smartphone habis atau tidak ada sinyal, aplikasi masih menunjukan lokasi terakhir yang diketahui olehnya.

Trusted Contacts baru saja tersedia untuk pengguna Android di Google Play Store, namun untuk pengguna iOS, Google mengatakan bahwa aplikasi tersebut masih dalam tahap pengerjaan. Jadi bagi pengguna iOS, kamu bisa daftar dulu di link antrean Trusted Contacts for iOS.

(mentari.net.id)

Tags: #aplikasi #google