D-Link DAP-1665, Access Point Simpel dan Menarik

718 views

D-Link DAP-1665, Access Point Simpel dan Menarik

Berbeda dengan router yang bisa membuat jaringan WiFi independen, access point hanya berperan sebagai alat untuk memperluas jaringan. Salah satu access point yang ada di pasar saat ini adalah D-Link DAP-1665. Access point ini hadir dengan bentuk yang simpel, namun bisa membantu Anda untuk menghadirkan sinyal WiFi yang lebih kuat di kantor atau rumah.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, D-Link DAP-1665 merupakan sebuah access point. Ia bisa menyebarkan jaringan komputer yang telah ada ke dalam bentuk jaringan WiFi. Jaringan komputer yang telah ada bisa dalam bentuk jaringan kabel melalui LAN atau jaringan WiFi. Dengan kata lain, alat ini juga bisa berperan sebagai WiFi extender atau alat untuk memperluas jaringan WiFi yang telah ada.

DAP-1665 memiliki bentuk yang sangat simpel. Ia hanya berbentuk sebuah kotak berwarna putih dengan dua antena. Di bagian depan terdapat empat lampu indikator yang menunjukkan status jaringan WiFi dan LAN, serta indikator power. Sementara di bagian belakang hanya terdapat satu buah port LAN dan saklar khusus untuk menyalakan perangkat ini.

Sekilas ia memang terlihat seperti router, namun ternyata ia memiliki fitur yang jauh lebih sederhana. Perannya hanya memperkuat dan menyebarkan jaringan komputer lebih baik, sehingga ia tidak akan bisa bekerja tanpa router.

Meski bentuknya simpel, namun ia memiliki performa dan fitur yang cukup memadai. DAP-1665 telah mendukung fitur dual band. Artinya, perangkat ini bisa menyebarkan sinyal WiFi di dua frekuensi, yaitu 2,4 dan 5GHz. Fitur ini juga cukup penting apalagi bila Anda memiliki perangkat yang telah kompatibel dengan frekuensi WiFi 5GHz.

DAP-1665 juga cukup mudah dikonfigurasikan. ia juga memiliki tombol WPS yang bisa digunakan untuk konfigurasi instant dengan router WiFi lainnya, meski dalam prakteknya fitur ini cukup sulit digunakan. Selain itu, konfigurasi juga bisa dilakukan melalui PC atau laptop dengan sambungan kabel LAN. Konfigurasi melalui laptop atau PC juga tergolong mudah, namun pengaturan tingkat lanjutnya cukup rumit untuk pemula.

Berbicara tentang performa, access point ini tergolong memiliki performa yang cukup baik dengan kecepatan transfer data hingga 867 Mbps di frekuensi 5GHz. DAP-1665 juga dilengkapi dengan berbagai fitur keamanan yang cukup untuk sebuah access point.

(metronews)

Tags: #review