Chrome 55 Dirilis, Secara Default HTML5 Gantikan Flash

213 views

Setahun lalu, Google telah berencana mengganti Adobe Flash dengan HTML5 secara bertahap. Chrome versi 55 sekarang telah rilis dengan mengambil langkah besar mengganti Adobe Flash dengan HTML5 secara default untuk beberapa website besar.

google-chorome-140607-1

Chrome 55 Dirilis, Secara Default HTML5 Gantikan Flash

Pada bulan September dengan versi 53, Chrome telah memblokir halaman analytics yang menggunakan Flash dan element flash yang berjalan secara background. Kemudian pada versi berikutnya Chrome menulis ulang kode embeded Youtube Flash player dengan menggunakan HTML5. Secara tidak langsung perubahan ini meningkatkan keamanan, mengurangi konsumsi daya baterai dan membuat load halaman web menjadi lebih cepat.

10 website yang secara default akan menggunakan HTML5 ialah YouTube.com, Facebook.com, Yahoo.com, VK.com, Live.com, Yandex.ru, OK.ru, Twitch.tv, Amazon.com, dan Mail.ru. Sedangkan untuk website lain yang masih menjalankan flash, pengguna akan melihat promt untuk mengaktifkan flash ketika pertama kali mengunjungi website tersebut.

Selain agar pengguna tidak terkejut dengan perubahan ini. Harapannya agar lebih banyak menekan publisher atau web developer untuk mengkonversi konten Flash menjadi HTML5, sehingga pengguna tidak perlu dihadapkan pada promt yang membuat pengguna terganggu.

Selain perbaikan bug dan keamanan, ada penambahan automatic CSS hypernation yang memungkinkan browser melakukan hypernate atau menyambung kata secara otomatis ketika sebuah baris kalimat terbungkus, sehingga hal ini akan meningkatkan konsistensi tampilan dari text blocks.

Pada Android, versi 55 menambah kemampuan untuk melihat secara offline halaman, video dan gambar. Kontrol pada media player sekarang akan menampilkan tombol yang menunjukkan jika berkas dapat disimpan. Fitur lainnya yaitu ketika website dibuat shortcut ke homescreen maka akan otomatis menyimpan secara persistent untuk mencegah pembersihan cache secara otomatis.

Chrome versi 55 untuk desktop sudah bisa kamu download sekarang, sementara untuk Android dan Chrome OS akan segera menyusul.

(mentari.net.id)

Tags: #chrome #google