Cara Merawat Kamera CCTV

280 views

Cara Merawat Kamera CCTV - Instalasi CCTV tak pernah lepas dari berbagai ancaman permasalahan yang dapat mengganggu kinerja kamera CCTV. Selayaknya tubuh manusia yang bekerja dan membutuhkan waktu untuk beristirahat begitu pula instalasi CCTV. Demi mempertahankan performa terbaiknya, dibutuhkan perawatan dan peristirahatan.

Jika tidak mendapat perawatan cukup, sering bekerja keras tanpa ada jeda untuk beristirahat bisa jadi performanya akan menurun. Padahal kamera CCTV memang tugasnya untuk terus memantau selama 24jam bukan? Iya memang demikian, namun jika tanpa adanya perawatan bisa jadi kamera CCTV Anda mengalami kemungkinan rusak ataupun mengalami gangguan system operasionalnya. Untuk mengantisipasi hal sedemikian rupa kami akan memberikan tips cara merawat kamera CCTV Anda agar selalu dapat bekerja dengan baik.

Cara Merawat Kamera CCTV

cara-merawat-kamera-cctv

  • Cek Kebersihannya:
  1. Biasanya dalam musim penghujan, suhu menjadi dingin itu akan sangat berpengaruh pada kamera CCTV. Kamera CCTV yang terus menerus bekerja akan membuat perangkat didalamnya menjadi panas. Suhu dingin dan panas bisa membuat kamera mudah rusak, untuk antisipasi kamera berembun pasang silica gel didalamnya.
  2. Cek lensa kamera, pada bagian ini sangat rawan sekali. Lensa adalah bagian tubuh kamera yang sangat penting. Bersihkan dari debu yang menempel.
  • Cek Konektornya:
  1. Periksa kondisi konektor yang menghubungkan kamera dengan kabel DVR, apakah masih terpasang dengan benar atau tidak.
  2. Periksa rotator (jika menggunakan) apakah masih terpasang kencang atau tidak, jika tidak menggunkan rotator periksa kaki braket kamera sudah terpasang dengan benar apa belum.
  3. Atur posisi kamera agar dapat terus mengambil gambar pada posisi yang diinginkan.
  • Atur Mode Kamera:
  1. Atur mode rekaman kamera dengan optimal
  2. Atur masa jangka waktu penyimpanan hasil rekaman
  3. Atur kualitas hasil rekaman, akan mempengaruhi kinerja kamera.
  • Langkah terakhir adalah memback-up hasil rekaman cctv, lakukan penyortiran hasil-hasil rekaman yang penting bisa disimpan. Jika memang semua hasil rekaman dibutuhkan(biasanya untuk perusahan perbankan, rumah sakit dll) sebaiknya back-up data(pindah data) dilakukan secara rutin dengan jangka waktu yang tidak terlalu lama dan kontinyu.

Cara Merawat Kamera CCTV - Demikian tips perawatan kamera yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat!!

Sumber: zonacctv.com

Tags: #kamera cctv #Merawat CCTV #Tips CCTV