Cara Menggunakan WiFi Umum Dengan Aman (Bagian 2)

296 views

Internet sudah menjadi kebutuhan pengguna smartphone yang diperlukan kapanpun dan dimanapun. Koneksi hotspot WiFi menjadi salah satu solusi untuk memenuhi kebutuhan internet yang terus meningkat.

Pertanyaannya adalah amankah menggunakan fasilitas WiFi umum? Pasalnya para peretas bisa saja mencuri data pribadi dan kita tidak tahu seberapa besar dampak kerugiannya sampai benar-benar mengalami sendiri.

Untuk itu berikut cara menggunakan WiFi umum dengan aman, dan ini tujuh hal yang harus kamu ketahui.

4. Pilih Jaringan Secara Manual

Jika kamu menggunakan laptop berbasis Windows, setiap kali komputer terkoneksi ke jaringan WiFi umum baru, kamu bisa memilih untuk terhubung secara otomatis ketika jaringan WiFi umum tersedia atau memilih secara manual.

Nah pastikan kamu memilih jaringan secara manual, demikian juga pada smartphone. Bila perlu, klik "forget" untuk memastikan bahwa perangkat kamu tidak akan tersambung kembali.

5. Matikan WiFi

matikan-wifi

Saat kamu tidak menggunakan WiFi, maka matikan fitur ini. Langkah ini akan melindungi data dan membantu untuk menghemat daya baterai perangkat. Hal ini juga akan melindungi kamu dari metode pelacakan yang dipergunakan oleh berbagai organisasi.

Misalnya, ketika kamu berada di sebuah pusat perbelanjaan dengan kondisi WiFi aktif. Tentunya smartphone akan mencari jaringan yang tersedia dan pada saat yang sama mentransmisi alamat MAC yang dimiliki oleh masing-masing ponsel.

WiFi hotspot akan mencatat data setiap menerima permintaan akses dari smartphone. Berdasarkan informasi tersebut, para ahli marketing seringkali memetakan rute klien untuk mencari tahu barang apa yang dapat menarik perhatian mereka.

Intinya kamu menonaktifkan WiFi jika tidak digunakan untuk menjaga privasi dan penyalahgunaan informasi.

6. Mengadopsi 2FA

two-factor-authentication

Langkah aman berikutnya untuk menggunakan WiFi umum adalah pastikan kamu telah menggunakan Two-Factor Authentication (2FA) di semua layanan yang mendukung yang kamu gunakan.

2FA sendiri adalah fitur keamanan akun online di mana kita akan melakukan verifikasi identitas sebanyak minimal 2 kali, ini biasanya dikombinasikan dengan password dan kode khusus melalui SMS.

Dengan ini meskipun peretas berhasil mendapatkan password dan user name akun milik kita, tetap tidak bisa digunakan karena membutuhkan kata sandi tambahan yang dikirimkan ke nomor telepon kamu. Oh iya, jangan lupa juga melakukan log out dari akun yang kamu gunakan.

7. Menggunakan VPN

opera-vpn

Langkah terakhir dan yang tak kalah penting adalah pertimbangkanlah untuk menggunakan jaringan virtual private network (VPN). Metode ini sangatlah baik untuk melindungi data kamu karena layanan VPN akan mengenkripsi semua data yang kamu kirimkan.

Di samping itu, VPN juga memiliki beberapa keuntungan tambahan yakni dapat menyediakan layanan akses pada berbagai sumber yang disensor di dalam maupun luar negeri (jika kamu membutuhkannya).

Kembali ke bagian 1

(sumber: cirebon24.com)

Tags: #Hotspot #internet #wifi #wireless