Cara Menggunakan WiFi Umum Dengan Aman (Bagian 1)

265 views

Internet sudah menjadi kebutuhan pengguna smartphone yang diperlukan kapanpun dan dimanapun. Koneksi hotspot WiFi menjadi salah satu solusi untuk memenuhi kebutuhan internet yang terus meningkat.

Pertanyaannya adalah amankah menggunakan fasilitas WiFi umum? Pasalnya para peretas bisa saja mencuri data pribadi dan kita tidak tahu seberapa besar dampak kerugiannya sampai benar-benar mengalami sendiri.

Untuk itu berikut cara menggunakan WiFi umum dengan aman, dan ini tujuh hal yang harus kamu ketahui.

1. Periksa Keaslian WiFi

periksa-keaslian-wifi

Sebelum kamu terhubung ke WiFi pastikan kamu cek keasliannya, misalnya jika di kafe kamu bisa tanya langsung ke pelayan. Pastikan kamu memilih jaringan WiFi yang tepat dan memasukkan password dengan benar.

Jangan percaya pada jaringan WiFi yang tidak memerlukan kata sandi. Para penjahat siber umumnya membuat jaringan seperti ini untuk mencuri data pribadi pengguna.

Untuk mengamankan koneksi jaringan WiFi, penyedia akses WiFi dan perorangan biasanya menggunakan pengamanan WPA atau WPA2. Setidaknya itu menunjukkan bahwa sambungan terenkripsi.

2. Hanya Buka Website Berbasis HTTPS

hanya-buka-website-berbasis-https

Kamu harus memastikan bahwa halaman situs yang kamu kunjungi dengan WiFi umum telah menggunakan https yang mengenkripsi apapun yang kamu kirim dan terima dari situs tersebut.

Bila memungkinkan, aktifkan pengaturan seperti ini untuk semua layanan penting yang kamu miliki. Buat kamu pengguna browser Google Chrome, Firefox dan Opera, Jaka sarankan untuk memasang ekstensi HTTPS Everywhere dari Electronic Frontier Foundation (EFF).

3. Hindari Mengakses Informasi Sensitif

hindari-mengakses-informasi-sensitif

Ketika kamu menggunakan WiFi publik gratis, jangan menggunakannya untuk mengakses informasi yang sensitif. Seperti bertransaksi online, membuka file pekerjaan, membuka email, akun perbankan, dan layanan penting lainnya.

Bila perlu, lebih baik menggunakan koneksi data mobile kamu. Selain itu, jangan pernah mengakses konten-konten berbau pornografi dengan WiFi umum gratisan. Selain melanggar etika dan norma, melakukan hal tak senonoh seperti ini juga bisa merusak pandangan orang terhadapmu.

Lanjut ke bagian 2

(sumber: cirebon24.com)

Tags: #Hotspot #internet #jaringan wireless #wifi