Seluruh Daerah Terakses Internet Cepat pada 2019

412 views

“Sekarang di Jakarta bisa menikmati download 7 megabyte per detik. Tapi saudara-saudara kita di daerah Timur kecepatannya lambat sekali, kurang lebih 300 kilobyte per detik,”

internet Kominfo-2019-Seluruh-Indonesia-Terhubung-Broadband-2-601x315

Pemerintah menargetkan seluruh ibukota kabupaten dan kotamadya terhubung dengan layanan jaringan pita lebar atau broadband pada 2019. Untuk mengejar target tersebut, pemerintah terus melakukan evaluasi terhadap pembangunan proyek Palapa Ring.

Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara mengatakan, pembangunan Palapa Ring Indonesia bagian barat akan segera berjalan mulai September 2016. Pemenang tender proyeknya telah melakukan penandatangan kontrak pinjaman dana untuk melaksanakan pembangunan.

Untuk bagian tengah, pemerintah masih menunggu kesepakatan pemenuhan pembiayaan atau financial closing dari konsorsium pemenang tender. Sementara untuk Palapa Ring paket timur, proses tendernya baru selesai. Konsorsium pemenang masih harus menyiapkan dokumentasi dan penandatangan kontrak. Rudiantara berharap penandatangannya bisa dilakukan paling lambat bulan depan.

“Kami monitor saja biar on schedule (sesuai jadwal). karena targetnya 2019 semua Ibukota, Kabupaten dan Kotamadya sudah terhubung broadband,” ujar Rudiantara saat ditemui di Kantor Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Jakarta, Senin (8/8).

Layanan broadband merupakan layanan dengan teknik transmisi berkapasitas tinggi yang menggunakan berbagai frekuensi. Broadband memungkinkan sejumlah besar informasi data dalam kapasitas besar disampaikan dalam waktu yang bersamaan kepada banyak penerima.

Rudiantara mengatakan, pembangunan Palapa Ring ini sangat penting untuk mengecilkan kesenjangan layanan berbasis digital antara Pulau yang ada di Jawa dengan di luar Jawa. Dengan adanya proyek ini, maka layanan broadband diharapkan dapat dinikmati wilayah seluruh Indonesia.

Di antara negara-negara ASEAN, Jakarta merupakan kota nomor dua dalam kecepatan internetnya. Akses internet di Jakarta lebih cepat dibandingkan Kuala Lumpur (Malaysia) dan Bangkok (Thailand). Ini merupakan laporan terakhir yang dia dapat pada Februari lalu.

“Sekarang di Jakarta bisa menikmati download 7 megabyte per detik (mbps). Tapi saudara-saudara kita di daerah Timur kecepatannya internet lambat sekali, kurang lebih 300 kilobyte per detik (kbps),” ujarnya. – ISP Indramayu

Padahal, kata Rudiantara, meski kecepatannya rendah, masyarakat di Timur Indonesia harus membayar lebih banyak dibandingkan Jakarta. Salah satu tujuan pembangunan proyek Palapa Ring II ini adalah untuk mengatasi kesenjangan tersebut.

Palapa Ring II merupakan proyek kabel serat optik nasional yang akan menjadi tulang punggung internet pita lebar (broadband) di Tanah Air. Total panjang kabel yang dibangun di bawah laut mencapai 35.280 kilometer dan di daratan 21.807 kilometer.

Proyek ini akan menjangkau semua provinsi serta 440 kota dan kabupaten. Dengan proyek ini pemerintah menargetkan masyarakat di perkotaan bisa mendapat akses internet dengan kecepatan 20 Mbps dan 10 Mbps di perdesaan.

( mentari.net.id )

Tags: #indonesia #internet